Home » » Membuat Daftar Isi Otomatis menggunakan Microsoft Office Word

Membuat Daftar Isi Otomatis menggunakan Microsoft Office Word

Pagi, Gan. Alhamdulillah kali ini bisa kembali memperbaharui konten lagi.

Telah kita rasakan bersama, penggunaan komputer kian waktu semakin lumrah sehingga siapapun pasti bersinggungan dengan komputer di dalam hidup dan kehidupannya, mulai dari pelajar, guru, pekerja kantor, ibu rumah tangga, dan seterusnya. Bermacam-macam kepentingan setiap individu terhadap komputer yang digunakannya, mulai dari mengerjakan tugas, laporan, makalah, pembuatan presentasi, bermain game, mendengarkan musik, dan seterusnya. Aspek yang kini harus dikuasai oleh kita sebagai bangsa Indonesia yang dalam waktu dekat ini akan memasuki era perdagangan bebas kawasan ASEAN 2015 ini semakin menuntut kita menguasai teknologi, baik dalam pembuatan dan pengembangan teknologi maupun penggunaan teknologi yang telah ada. Nah, penguasaan perangkat lunak sebagai suatu tuntutan yang mutlak diperlukan bagi siapa saja dan di mana saja, tanpa memandang usia, kalangan, dan seterusnya. Salah satu perangkat lunak yang sangat dekat dengan kebutuhan kita adalah perangkat lunak office, khususnya yang berbayar nan dibobol lisensinya, hehe :D Sebut saja kali ini saya akan gunakan adalah produk Microsoft Office, walaupun terdapat pula perangkat lunak sejenis yang lisensinya gratis atau GPL, seperti Libre Office, Kingsoft Office, Open Office, dan masih banyak lagi. Saya merekomendasikan perangkat lunak yang gratis ini :D

Wah! Pasti pada ngantuk ya ngebaca pembukanya :D Oke langsung aja, saya akan mendiskusikan tentang pembuatan daftar isi secara otomatis. Keep moving on!

Saya sering melakukan pembuatan daftar isi secara manual, betapa “greget”nya saat-saat itu, hehe. Saya melakukan pemisahan file-file-nya berdasarkan format halamannya, misal bagian cover dijadikan file sendiri dengan tidak menggunakan nomor halaman, bagian kata pengantar dan daftar isi dibuat file terpisah yang menggunakan format halaman angka romawi kecil, dan bagian isi yang dimulai dengan pendahuluan (bab 1) menggunakan penomoran angka arab. Nah, banyak bukan file-nya? Lebih mantapnya lagi, membuat daftar isi pun dilakukan secara manual ketika saat itu. Hehe. Itu adalah cara klasik yang mengantarkan kita kepada cara yang lebih advance lagi, karena sesuatu yang besar berangkat dari sesuatu yang kecil. Inilah yang saya dapat ketika mengikuti kegiatan Pelatihan Dasar Microsoft Office dan Bahasa C saat menjadi mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer UPI yang diselenggarakan oleh Laboratorium Multimedia serta ditambahkan pula di Praktikum Pengantar Teknologi Informasi (PTI) sebagai bagian tak terpisahkan dari perkuliahan di kelas.
Oke kita mulai. Mula-mula, siapkan bahannya, silakan bisa diunduh di salah satu link di bawah ini. 


Ekstrak hasil unduhan tadi.


Selanjutnya, buka semua file-nya, lalu kita gabungkan ketiganya ke dalam file cover atau membuat sebuah dokumen baru.


Mula-mula, kita akan memisahkan halaman-halaman tertentu dengan menggunakan section break next page dan page break page (bisa menggunakan kombinasi tombol ctrl+enter). Next Page digunakan untuk memisahkan antara cover dengan kata pengantar juga daftar isi dengan bab 1. Page digunakan untuk memisahkan antara kata pengantar dengan daftar isi, bagian antar bab, serta bab 3 dengan daftar pustaka. Untuk mengakses ke fungsi tadi, kita bisa gunakan ribbon Page Layout --> Breaks, lalu bisa kita lihat kedua pilihan tadi, apakah Section Break Next Page atau Page Break Page, bergantung kebutuhan.





Jika sudah, sekarang kita akan mengatur heading yang digunakan. Heading berada di ribbon Home.


ü Kata Pengantar; Daftar Isi; Bab 1 Pendahuluan; Bab 2 Pembahasan; Bab 3 Penutup; dan Daftar Pustaka akan menggunakan Heading 1 dengan spesifikasi sebagai berikut: (1) Jenis font: times new roman; (2) Ukuran font: 14; (3) Format font: tebal dan rata tengah; (4) Warna font: automatic.
ü Latar Belakang Masalah; Rumusan Masalah; Tujuan, Konsep Dasar ...; Proses dan Faktor ...; Beberapa Model ...; Beberapa Hukum ...; Simpulan, dan Saran menggunakan Heading 2 dengan spesifikasi sebagai berikut: : (1) Jenis font: times new roman; (2) Ukuran font: 13; (3) Format font: tebal dan rata kiri; (4) Warna font: automatic.
ü Konsep Dasar, Manifestasi ...; dan Beberapa Cara ... menggunakan Heading 3 dengan spesifikasi sebagai berikut: : (1) Jenis font: times new roman; (2) Ukuran font: 12; (3) Format font: tebal dan rata kiri; (4) Warna font: automatic. 

Selanjutnya, sesuaikan konfigurasi style dari masing-masing Heading berdasarkan spesifikasi di atas. Lakukan pada ketiga headingnya, baik heading 1, heading 2, maupun heading 3.


Jika semua sudah beres, maka blok bagian yang akan menggunakan heading tadi, baik heading 1, heading 2, maupun heading 3. Kemudian, pilih salah satu dari heading yang akan digunakan.


Nah, jika pada saat menggunakan heading tidak seperti yang diharapkan, maka kita juga bisa mengatur format penomorannya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Misal, mengubah urutan dari numbering dengan menggunakan klik kanan pada angka atau huruf yang akan diubah, lalu pilih restart at ... 


Selanjutnya, kita akan memberikan nomor halaman pada makalah ini. Masuk ke ribbon Insert --> Page Number. Pilih sesuai kebutuhan dan keinginan (dalam hal ini saya ambil yang bottom of page plain number 3).


Jika sudah, selanjutnya adalah membuat daftar isi otomatis. Ini dia penampakannya. Masuk ke ribbon References, arahkan ke Table of Contents. Pilih aja yang automatic atau disesuaikan dengan kebutuhan (dalam hal ini saya menggunakan automatic table 2). 


Didapatkan hasil seperti di bawah ini. Hapus saja jika ingin menghilangkan tulisan table of contents-nya. Kita mendapati daftar isi telah terisi secara otomatis.


Namun, hasilnya belum sesuai harapan, kan? Di sini, kita ingin agar cover tidak memiliki nomor halaman. Lalu, kata pengantar dan daftar isi agar menggunakan penomoran angka romawi kecil (i,ii, dan seterusnya), dan bagian bab 1 hingga daftar pustaka menggunakan penomoran angka arab (1,2, dan seterusnya). Jangan dulu panik dan males buat ngelanjutin, sebab kita mau buka caranya :D

Mula-mula, arahkan kursor ke bagian kata pengantar, lalu double click di bagian halaman yang terletak di kanan bawah tadi. Klik Link to Previous untuk menonaktifkan atau menghilangkan aksi dari menghubungkan ke halaman sebelumnya yang secara default adalah aktif.



Lakukan hal serupa pula pada bagian bab 1, seperti langkah di atas.


Segera beranjak ke bagian cover, lalu double klik nomor halamannya, kemudian hapus nomor halaman yang ada di cover tersebut. Done! 

Langkah selanjutnya, atur format penomoran halamannya. Double click di angka yang ada di bawah, maka akan muncul penampakan di bawah ini.


Atur sesuai kebutuhan. Di sini, kita akan menggunakan angka i dan seterusnya pada bagian kata pengantar dan daftar isi.


Untuk bagian kata pengantar. Perhatikan penampakan! Number format kita pilih yang romawi kecil, kemudian page numbering kita pilih bagian start at: i.


Selanjutnya, lakukan hal yang sama pada bagian bab 1. Perhatikan penampakan! Number format kita pilih angka arab, kemudian page numbering kita menggunakan start at: 1.


Selanjutnya, lakukan update table of contain.


Selesai! Selamat Anda telah berhasil membuat daftar isi secara otomatis ^_^


Semoga bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik, aamiin. Silakan tinggalkan komentar dan saran konstruktifnya. 
Terima Kasih atas Kunjungan Anda
Saat ini Anda Sedang Membaca : Membuat Daftar Isi Otomatis menggunakan Microsoft Office Word
Ditulis Oleh : Rizki Cahyana
Jika mengutip sebagian dari artikel, harap memberikan Link DOFOLLOW yang menuju pada artikel Membuat Daftar Isi Otomatis menggunakan Microsoft Office Word ini. Budayakan saling menghargai dan menjunjung tinggi antiplagiarisme.
Silakan berkomentar relevan dan tidak mencantumkan link aktif.

Admin - Official Blog of Rizki Cahyana

Comments
13 Comments

13 komentar:

  1. bookmark dulu gan :)
    masih rada bingung ane masalah ginian :3
    btw udah di followback ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke Gan, siap :)
      Terima kasih udah berkunjung..
      Nanti saya kunbal :D

      Hapus
  2. wih lengkap banget artikel nya gan ini sangat membantu tugas saya yang lagi acak acakan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali atas kunjungannya, Gan..
      Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  3. jadi gak ribet deh nulis Daftar isi di MS Word

    Terima kasih gan atas artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat, Gan :)
      Terima kasih juga telah berkunjung..

      Hapus
  4. Waduh agak ribet ya mau bikin daftar isi doang .-.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya ngga ribet ko :) Hehe..

      Hapus
  5. ini kayaknya MS Word2014, apakah bisa kalau saya mempraktekkannya pada MS Word 2007?

    BalasHapus
  6. wahh mantepp kangg (y) ane biasa nya bikin daftar isi kaga seribet itu :D mantep lahh buat pengetahuan (y) iya bisa gk tuh kang pake MS Word 2007?

    BalasHapus
  7. makasih gan info yang sangat berguna

    BalasHapus
  8. Di lembar kerja saya tidak mucul "link to previous" itu gmn?
    Mohon bantuanya

    BalasHapus
  9. Sangat bermanfaat. Thanks :)

    BalasHapus

Copyright © Selamanya Hak Cipta Hanya Milik Allah subhanahu wataala
Owner at Official Blog of Rizki Cahyana : Rizki Cahyana
Created by Maskolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger