Home » » Definisi Algoritma

Definisi Algoritma

Ada beberapa definisi dari algoritma. Berikut ini adalah beberapa definisi algoritma dari beberapa literatur:

Dalam buku Introduction to Algorithms, Thomas H. Cormen dkk. menyatakan algoritma sebagai deretan langkah-langkah komputasi yang mentransformasikan data masukan menjadi keluaran.

Dalam buku Introduction to The Design and Analysis of Algorithms, Anany Levins mendefinisikan algoritma sebagai deretan instruksi yang jelas untuk memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang terbatas.

Dalam buku Introduction to Algorithms, Thomas H. Cormen menyatakan algoritma sebagai prosedur komputasi yang terdefinisi dengan baik yang menggunakan beberapa nilai sebagai masukan dan menghasilkan beberapa nilai yang disebut keluaran. Jadi, algoritma adalah deretan langkah komputasi yang mentransformasikan masukan menjadi keluaran.

Dengan demikian, prosedur yang berisi langkah-langkah penyelesaian masalah disebut algoritma, sehingga algoritma merupakan urutan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah.


Referensi:
Munir, Rinaldi. 2011. Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C. Bandung: Informatika.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda
Saat ini Anda Sedang Membaca : Definisi Algoritma
Ditulis Oleh : Rizki Cahyana
Jika mengutip sebagian dari artikel, harap memberikan Link DOFOLLOW yang menuju pada artikel Definisi Algoritma ini. Budayakan saling menghargai dan menjunjung tinggi antiplagiarisme.
Silakan berkomentar relevan dan tidak mencantumkan link aktif.

Admin - Official Blog of Rizki Cahyana

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Selamanya Hak Cipta Hanya Milik Allah subhanahu wataala
Owner at Official Blog of Rizki Cahyana : Rizki Cahyana
Created by Maskolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger