Home » » a Story about MOKA-KU UPI 2013

a Story about MOKA-KU UPI 2013

    Pagi! Pada kesempatan kali ini, saya mau membagi kisah MOKA-KU UPI 2013 nih. Ya, walaupun udah terlambat sekitar 6 bulan setelah pelaksanaan, tapi gpp kan, ya? It’s not too late. Hehe. Yuk kita mulai aja!

    Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (MOKA-KU) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) 2013 merupakan kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UPI tahun akademik 2013-2014. Kegiatan ini dilaksanakan serentak pada Selasa s.d. Jumat, 27 s.d. 30 Agustus 2013 di seluruh kampus UPI (UPI Bumi Siliwangi, UPI Kampus Cibiru, UPI Kampus Sumedang, UPI Kampus Purwakarta, UPI Kampus Tasikmalaya, dan UPI Kampus Serang). Kegiatan MOKA-KU UPI 2013 merupakan kegiatan akbar, sehingga para panitia pasti telah menyiapkan segala sesuatu dalam rangka menyambut kami, mahasiswa baru UPI 2013. Benar saja, menjelang pelaksanaan MOKA-KU UPI 2013, berbagai peraturan tambahan pun dipublikasikan kepada mahasiswa baru melalui berbagai media, baik website, official facebook, dan official twitter MOKA-KU UPI 2013. Selama mengikuti kegiatan tersebut, kami hanya disilakan memasuki area kampus UPI Bumi Siliwangi melalui lima buah gerbang yang telah ditentukan. Jika melebihi waktu yang ditentukan, maka hanya tersisa dua gerbang lagi yang dapat diakses oleh mahasiswa baru, yaitu gate 1 dan gate 2.

    Pada hari pertama pelaksanaan MOKA-KU UPI 2013, dalam rangka memenuhi ketentuan panitia, kami berbondong-bondong tiba di kampus sejak pagi. Para mahasiswa baru berkumpul di sektor masing-masing, kemudian kami dikenalkan dengan pemandu selama kegiatan MOKA-KU UPI 2013 berlangsung. Setelah acara kepemanduan, acara dilanjutkan ke gedung Gimnasium UPI. Ketika itu dilangsungkan acara pembukaan dan peresmian kegiatan MOKA-KU UPI 2013 bertemakan pendidikan untuk merangkai Indonesia oleh Rektor UPI, Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd.. Peserta kegiatan adalah seluruh mahasiswa baru UPI Bumi Siliwangi dan perwakilan mahasiswa baru dari UPI kampus daerah tahun 2013. Selain itu, rangkaian acara pembukaan ini pun dihadiri oleh majelis wali amanat, rektor, pembantu rektor, dekan, dan dosen UPI. Peresmian mahasiswa baru disampaikan oleh Pada serangkaian prosesi pembukaan dan peresmian mahasiswa baru UPI 2013, diadakan pula pembacaan Ikrar Mahasiswa Baru, Deklarasi Anti Plagiarisme, Anti Mencontek, dan Anti Perpeloncoan oleh perwakilan mahasiswa baru dari setiap fakultas dan kampus daerah, didampingi oleh Unit Kegiatan Korps Protokoler Mahasiswa UPI. Kegiatan ini dimeriahkan pula oleh unit kegiatan mahasiswa Kabumi. Kemudian tampil pula narasumber luar biasa baik dari pihak internal UPI maupun oleh Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, M.H. (guru besar dalam bidang Hukum Tata Negara Universitas Indonesia; Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia). Pihak internal UPI menyampaikan topik mengenai pembinaan citra diri dan pengembangan mahasiswa dan empat pilar kebangsaan Indonesia, sedangkan Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, M.H. membagikan kisah perjalanan hidup masa lalunya sebagai motivasi kepada para mahasiswa baru UPI 2013. Setelah itu, ada pula sosialisasi program kreativitas mahasiswa. Tambahan pula, organisasi mahasiswa (terdiri dari MPM REMA UPI, DPM REMA UPI, dan BEM REMA UPI) pun turut mengenalkan diri kepada mahasiswa baru UPI 2013.

    Setelah sukses dalam serangkaian kegiatan pengenalan kampus dan kuliah umum, pelaksanaan kampus  MOKA-KU UPI 2013 pada hari kedua berlanjut pada pengenalan fakultas dan jurusan/program studi. Sejak pagi hari, kami telah diinstruksikan berkumpul di depan fakultas masing-masing. Mula-mula kami dikenalkan pedoman dan fasilitas akademik oleh petinggi fakultas, kemudian dilanjutkan pengenalan pedoman dan fasilitas akademik oleh petinggi jurusan/program studi. Setelah itu, kami kembali ke gedung Gimnasium UPI untuk mengikuti penyampaian dinamika pergerakan mahasiswa dari masa ke masa, oleh Wasmin Arrasyid (aktivis ’98). Tambahan pula, LEPPIM UPI turut menyosialisasikan kembali mengenai program kreativitas mahasiswa kepada para mahasiswa baru UPI 2013.

    Pada hari ketiga, kami berkumpul di sektor masing-masing. Setelah itu, kami menuju ke gedung Gimnasium UPI untuk menyaksikan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UPI. Selain mendemonstrasikan kepada kami secara langsung, pihak UKM pun memfasilitasi kami dengan mendirikan stand UKM di depan gedung Gimnasium UPI. Kami pun mengunjungi stand-stand UKM secara bergantian antarsektor. Hari itu, kami dipuaskan dengan demonstrasi UKM UPI.

    Pada hari terakhir, MOKA-KU UPI 2013 melangkah pada pengenalan organisasi mahasiswa tingkat jurusan/program studi. Sejak pagi hari, kami berkumpul di depan fakultas masing-masing. Lalu, kami bergerak menuju jurusan/program studi masing-masing. Siang harinya, kami berkumpul kembali di gedung Gimnasium UPI untuk menyimak siraman rohani yang disampaikan oleh KH. Abdullah Gymnastiar. Seluruh mahasiswa baru UPI 2013 mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias. Tidak ketinggalan pula, kegiatan ini dihadiri oleh para pembantu rektor, dekan, dosen, dan para karyawan UPI. Akhirnya, kegiatan MOKA-KU UPI 2013 resmi ditutup oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan. Penutupan kegiatan tersebut dimeriahkan pula oleh ribuan balon yang telah disiapkan panitia.

            Selanjutnya, ucapan selamat untuk Teman-teman yang telah diterima di kampus UPI. Selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga mahasiswa UPI. Selamat datang mahasiswa baru UPI 2014!

Mau lagu Himne UPI, Mars UPI, dan Totalitas Perjuangan? --> Ke sini <--
Terima Kasih atas Kunjungan Anda
Saat ini Anda Sedang Membaca : a Story about MOKA-KU UPI 2013
Ditulis Oleh : Rizki Cahyana
Jika mengutip sebagian dari artikel, harap memberikan Link DOFOLLOW yang menuju pada artikel a Story about MOKA-KU UPI 2013 ini. Budayakan saling menghargai dan menjunjung tinggi antiplagiarisme.
Silakan berkomentar relevan dan tidak mencantumkan link aktif.

Admin - Official Blog of Rizki Cahyana

Comments
14 Comments

14 komentar:

  1. Baca ini nangis. Ngebayangin akan ngelakuin serangkai acara2 MOKA UPI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo semangat untuk UN dan SBMPTNnya, ya! Semoga diberikan yang terbaik oleh Allah subhanahu wataala, aamiin.
      Rencana mau ke program studi atau jurusan apa?

      Hapus
    2. Iyaa. Doain yaa moga keterima lewat snmptn amin. Mau ngambil ilmu komunikasi.

      Hapus
    3. Aamiin. Tetap persiapkan diri menghadapi SBMPTN, ya..

      Hapus
    4. Ohiya pasti. Makaaih doanya

      Hapus
  2. Eh berarti di upi gaada kekerasan ya wakru ospek ?

    BalasHapus
  3. Ngga ada, soalnya ada pembacaan deklarasi anti perpeloncoan juga :)
    Di jurusan saya, pelaksanaan kaderisasinya pun tetap menjunjung anti kekerasan, di jurusan lain pun kelihatannya sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus dong. Btw bedah upi udah lewat belum ?

      Hapus
    2. Kurang tau. Untuk informasi UPI, bisa follow @InfoUPI.

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. mau nanya dong. emang pas daftar ulang di tes baca al quran ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bergantung dari kebijakan masing-masing Himpunan Mahasiswa atau BEM masing-masing departemen/jurusan/prodi. Biasanya pada saat pelaksanaan daftar ulang, mahasiswa baru akan disambut oleh masing-masing kakak tingkatnya dan dilaksanakan wawancara kecil, di departemen saya waktu itu ada baca Al-Quran juga, tetapi hanya untuk pendataan saja.
      Untuk tes baca Al-Quran sendiri akan dilaksanakan pada saat Anda mengontrak Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam (semester 1 atau 2) oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Belajar Al-Quran Intensif (UKM BAQI UPI). Adapun hasil dari tes Al-Quran oleh BAQI dan penilaian dari kegiatan Tutorial PAI MKDU UPI akan menjadi rekomendasi nilai atau memengaruhi nilai akhir dosen pengampu Mata Kuliah PAI :)

      Jangan sungkan untuk berkomentar kembali.

      Hapus

Copyright © Selamanya Hak Cipta Hanya Milik Allah subhanahu wataala
Owner at Official Blog of Rizki Cahyana : Rizki Cahyana
Created by Maskolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger