Home » » Program untuk Menentukan Bilangan Kelipatan atau Bukan dengan Bahasa C | Project 4

Program untuk Menentukan Bilangan Kelipatan atau Bukan dengan Bahasa C | Project 4



        Sore semuanya! Kali ini kita akan membahas project keempat dengan masalah "Menentukan apakah a kelipatn b, dimana a dan b bilangan integer yang diinput, a>=b dan a>0". Buat yang ketinggalan project kita yang sebelumnya, bisa move ke label programming. Oh iya, FYI, ini adalah soal latihan tingkat mudah nomor 4 pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman 1 Prodi Pendidikan Ilmu Komputer Universitas Pendidikan Indonesia.

        Just straight to the point, setelah menyimak permasalahan tersebut, apa yang terbayang oleh Teman-teman tentang bilangan kelipatan itu? Ya, kalau kita perhatikan, bilangan seperti 4, 6, 8, 10 adalah bilangan kelipatan dari 2. Kemudian, 10, 15, 20, 25 adalah bilangan kelipatan dari 5. *//Cukup deh untuk contohnya ya, nanti Teman-teman malah akan bosan, hehe.* Hayo kita menyelidiki lebih dalam lagi, kenapa bilangan 4 adalah kelipatan dari 2? Kenapa 6 adalah kelipatan dari 2? dan seterusnya. Iya, jika Teman-teman mengikuti ulasan pembahasan project 1 yang dikupas secara tak tuntas nan ngawur versi saya, kita akan mendapati bilangan kelipatan dapat kita peroleh dengan logika yang serupa seperti menentukan bilangan genap. Itulah logika utama program kita kali ini.

        Suatu bilangan jika dibandingkan dengan bilangan lain ternyata memiliki sisa hasil bagi sama dengan nol atau dengan kata lain bilangan pertama habis dibagi oleh bilangan kedua, maka bilangan pertama tersebut merupakan bilangan kelipatan. Dalam konteks ini, jika bilangan a dibagi dengan bilangan b memiliki sisa hasil bagi sama dengan nol (a habis dibagi b), maka dapat kita generalisasikan bilangan tersebut adalah bilangan kelipatannya. ~[SOLVED].

        Oke, algoritma program yang saya rancang adalah sebagai berikut. Teman-teman bebas merancangnya karena punya saya pun pasti ada kekurangannya.
/*
a, b <-- integer;

output("Masukkan bilangan ke-1 : ");
input(a);
output("Masukkan bilangan ke-2 : ");
input(b);
if(a>=b && a>0) then
     if(b==0 || a%b!=0) then
          output("%d bukan kelipatan dari %d\n\n",a,b);
     else
          output("%d adalah kelipatan dari %d\n\n",a,b);
else
     output("%d bukan kelipatan dari %d\n\n",a,b);
*/

Well, ini dia penampakan listing programnya.


        Selanjutnya, seperti biasanya saya menyediakan source code-nya untuk Teman-teman, tapi bukan untuk copy-paste langsung ya, lebih baik ditik sendiri, hehe.. Efek samping di luar tanggung jawab penerbit :D



        Terakhir, kita tinjau pembahasan ngawur versi saya :D Langsung aja..
Baris 1 : program kali ini pun menggunakan library stdio.h sebagai sumber acuan prosedur dan atau fungsi yang dapat dikenali oleh baris kode program di bawahnya.
Baris 3-23 : ketika program dijalankan, maka yang akan dibaca terlebih dahulu setelah mengetahui library-nya adalah fungsi main(); diapit oleh dua buah kurung kurawal { ... }. Mengeksekusi hingga ditemukan kurawal tutup.
Baris 4 : mendeklarasikan variabel a bertipe integer.
Baris 5 : mendeklarasikan variabel b bertipe integer.
Baris 7,9 : menangkap dan menyimpan nilai yang diinput oleh pengguna (dalam hal ini adalah menggunakan variabel a dan b) ke dalam memori.
Baris 10 : Memeriksa bilangan dua bilangan yang diinputkan dengan kondisi yang harus dipenuhi yaitu bilangan variabel a lebih besar dari atau sama dengan b dan nilai bilangan pada variabel a harus lebih besar dari 0. Jika memenuhi kondisi tersebut, program akan membaca baris ke-11; jika tidak akan meloncat ke baris 18.
Baris 11 : Memeriksa bilangan yang telah memenuhi kondisi baris ke-11. Di sini disaring kembali dengan dua kondisi; pertama, bilangan pada variabel b=0; kedua, nilai sisa hasil bagi a terhadap b tidak sama dengan nol (tidak habis dibagi). Jika memenuhi salah satu dari dua kondisi tersebut, program akan membaca baris ke-12, jika tidak akan membaca baris ke-13.
Baris 21 : menahan layar agar program tidak langsung keluar atau diakhiri.
Baris 22 : mengembalikan nilai 0, artinya program akan dikeluarkan.

        Terima kasih telah menyimak pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan nantikan selalu project selanjutnya hanya di sini --> http://rizkicahyana.blogspot.com. Silakan meninggalkan komentar dan saran konstruktifnya. See yaa.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda
Saat ini Anda Sedang Membaca : Program untuk Menentukan Bilangan Kelipatan atau Bukan dengan Bahasa C | Project 4
Ditulis Oleh : Rizki Cahyana
Jika mengutip sebagian dari artikel, harap memberikan Link DOFOLLOW yang menuju pada artikel Program untuk Menentukan Bilangan Kelipatan atau Bukan dengan Bahasa C | Project 4 ini. Budayakan saling menghargai dan menjunjung tinggi antiplagiarisme.
Silakan berkomentar relevan dan tidak mencantumkan link aktif.

Admin - Official Blog of Rizki Cahyana

Comments
16 Comments

16 komentar:

  1. wah, mantap ni pelajarannya. Tp saya kurang ilmu dasar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berkunjung, Gan :)
      Banyak ko bahan-bahan bacaan dasar pemrograman C di internet, Gan :)
      Sama, saya juga masih belajar..

      Hapus
  2. keren banget gan info nya, sy pelajari dulu ya gan

    BalasHapus
  3. wah artikel yg bermanfaat niih, makasih sob.

    BalasHapus
  4. aduh saya gak ngerti beginian gan jadi saya nyimak aja yah ;)

    BalasHapus
  5. saya kurang ngerti Pemograman Gan , ane nyimak aja dah kali aja jadi ngerti dikit-dikit

    BalasHapus
  6. Unik bgt..malah ane baru tahu ada program yang ginian gan..

    BalasHapus
  7. arghhhh, cuma dilihatin aja udah bikin pusing :3
    Ijin nyimak aja mas :D

    BalasHapus
  8. ini yang saya cari cari thx gan

    BalasHapus
  9. Wah bookmark dulu la, kemarin nyari ini ga dapat2 akhirnya dapat juga.. makasih broo

    BalasHapus
  10. link blog agan sudah terpasang di blog ane cek disini http://manfaatbersama.blogspot.com/p/link-exchange.html, mohon link blog saya segera dipasang juga disini ..terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. done gan :)
      http://rizkicahyana.blogspot.com/2014/02/link-exchange_18.html

      Hapus
  11. nice post gan, ane bookmarks dulu ya

    BalasHapus
  12. Jadi inget pelajaran kuliah dulu... makasih ya infonya

    mampir gan di website teknologi >>teknologi.uniknya.com

    BalasHapus

Copyright © Selamanya Hak Cipta Hanya Milik Allah subhanahu wataala
Owner at Official Blog of Rizki Cahyana : Rizki Cahyana
Created by Maskolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger