Home » » Rumpun Ilmu Bidang Teknologi Informasi

Rumpun Ilmu Bidang Teknologi Informasi


Semangat pagi, Dunia! Kali ini Official Blog of Rizki Cahyana akan berdiskusi tentang Rumpun Ilmu Bidang Teknologi Informasi. Ini adalah oleh-oleh dari menjadi tenaga bantuan panitia pelaksana Rembug Nasional II Asosiasi Guru TIK dan KKPI Nasional (AGTIKKNAS) yang diselenggarakan pada Sabtu, 30 Agustus 2014 di Gedung Kebudayaan a.k.a. Amphiteater Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Kegiatan ini diketuai oleh salah satu dosen kami, Dr. Wawan Setiawan, M.Kom.. Ucapan terima kasih kepada Presiden BEM Kemakom FPMIPA UPI, Kang Arif Husni; serta Saudara Rizki Egi Purnama dan Chairul Anam Purba Bayangna yang telah mengajak saya berpartisipasi pada kegiatan ini. For your information, ini adalah materi yang disampaikan oleh Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit selaku Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Ilmu Komputer a.k.a. APTIKOM. Materi ini disampaikan kepada ratusan guru TIK dan KKPI dalam rangka memantapkan Peran Strategis Guru TIK dan KKPI di Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013.

Adapun, saya menyampaikan ulang bagian kecil dari presentasi tersebut karena materi ini dirasa perlu sebagai bahan pertimbangan dalam memilih jurusan bagi Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA/sederajat yang ingin melabuhkan hatinya di jurusan atau program studi bidang teknologi informasi. Harapannya, Teman-teman calon mahasiswa baru yang akan menekuni bidang IT ini dapat memantapkan pilihan pada bidang yang disukai dan ingin ditekuni. Selamat melanjutkan membaca! ^^

Ayo! Kita mulai dengan mengetahui kurikulum yang digunakan program studi pada bidang Information, Communication, and Technology (ICT). Dalam hal ini terdapat dua pola kecenderungan pengembangan bidang kajian, yaitu mulai dari yang menekankan pada penguasaan teori atau konsep hingga penekanan pada praktik serta pengembangan atau penyebaran aplikasi. Terdapat lima klasifikasi kajian utama, yaitu: (1) Organization Issues and Information Systems; (2) Application Technologies; (3) Software Methods and Technologies; (4) Systems Infrastructure; (5) Computer Hardware and Architecture.


Nah, setelah mengetahui kurikulum yang digunakan, selanjutnya mari kita simak pemetaan masing-masing masing rumpun ilmu berkenan dengan bidang yang difokuskan dan pola pengembangannya. Silakan simak secara saksama! Silakan berkomentar jika ada hal yang ingin ditanyakan!


Well, selanjutnya mari kita simak satu persatu deskripsi masing-masing rumpun ilmu.

1. Computer Engineering (CE)
- Berkaitan dengan desain dan konstruksi sistem berbasis komputer (baca: digital).
- Mencakup studi mengenai perangkat keras, perangkat lunak, teknologi komunikasi, dan interaksi diantara komponen tersebut.
- Kurikulum fokus pada teori, prinsip, dan praktik terapan ilmu elektronika serta matematika, untuk kemudian diimplementasikan dalam bentuk desain komputer atau teknologi lain berbasis digital.
- Belakangan ini berkembang menjadi ilmu yang mempelajari pula cara mendesain beragam peralatan berbasis digital yang banyak ditemui di pasar (digital gadget) dan beragam peralatan perangkat keras komunikasi yang banyak dipergunakan dalam jaringan komputer.
- Di samping itu, berkaitan pula dengan studi perancangan komponen berbasis digital (embedded devices).


Variasi Nama:
Teknik Komputer, Sistem Komputer, Rekayasa Perangkat Keras, Komputerisasi Digital, Ilmu Komputer Digital, Rekayasa Komputer, dan lain sebagainya.

2. Computer Science (CS)
- Spektrumnya sangat beragam dari yang sangat teoritis dan algoritmis, hingga yang bersifat sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas.
- Terbagi menjadi tiga bagian utama:
a. Fokus pada teori maupun algoritma yang dipergunakan dalam proses perancangan dan implementasi perangkat lunak.
b. Fokus pada teori maupun algoritma yang dipergunakan dalam proses dan perancangan sistem perangkat keras serta komponennya.
c. Fokus pada teori maupun algoritma yang dipergunakan sebagai model matematis dalam menyelesaikan permasalahan tertentu.
- Kurikulumnya akan sangat kental dengan ilmu pengetahuan terkait dengan logika matematika, komputasi, dan algoritma yang dalam model terapannya dinyatakan dalam pengembangan program komputer.


Variasi Nama:
Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Ilmu Komputasi, Informatika, Ilmu Informatika, Matematika Komputasi, dan lain sebagainya.

3. Information System (IS)
- Fokus pada teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan organisasi akan informasi dapat terpenuhi.
- Menekankan pada “informasi” sebagai sebuah sumber daya yang penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitannya dengan kebutuhan korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan.
- Mempelajari aspek penting bagaimana “informasi” diciptakan, diproses, dan didistribusikan ke seluruh pemangku kepentingan dalam institusi.
- Kurikulum harus ditekankan pada bagaimana memastikan agar teknologi dan sistem informasi yang dimiliki selaras dengan strategi bisnis perusahaan, agar dapat tercipta keunggulan kompetitif dalam bersaing (the value of information technology to the business).


Variasi Nama:
Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Sistem Informasi, Manajemen Informasi, dan lain sebagainya.

4. Information Technology (IT)
- Berbeda dengan Sistem Informasi yang menekankan pada “informasi”, program studi Teknologi Informasi fokus pada aspek “teknologi” sebagai entitas pemungkin (baca: enabler) organisasi.
- Menekankan pada proses tata kelola - perencanaan dan organisasi, pengadaan dan implementasi, penerapan dan pemeliharaan, serta pengawasan dan evaluasi - sumber daya teknologi informasi yang ada pada suatu institusi.
- Spektrum fokus kurikulum dari sekadar mempelajari tren teknologi di masa mendatang hingga melakukan “perancangan” ide atau gagasan terhadap inovasi teknologi yang dibutuhkan organisasi.
- Kurikulum akan sangat padat dengan isu tata kelola dan governance teknologi informasi.


Variasi Nama:
Teknologi Informasi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknik Informasi, Telematika, Teknologi Informatika, dan lain sebagainya.

5. Software Engineering (SE)
- Sebagai hal yang paling banyak dibutuhkan industri, studi ini menekankan pada pengembangan dan penerapan metodologi pembuatan perangkat lunak dengan kualitas prima.
- Fokus pada pengembangan model sistematis dan terpercaya, yang harus dipergunakan sebagai panduan dalam mengembangkan berbagai jenis perangkat lunak.
- Selain perangkat lunak aplikasi, mencakup pula pengetahuan mengenai bagaimana membangun sebuah perangkat lunak sistem (system software) dan perangkat lunak penunjang (tool software).
- Disamping itu dibekali pula akan ilmu yang terkait dengan seluk beluk infrastruktur di satu sisi, dan sistem informasi di sisi lainnya karena kedua komponen tersebut merupakan entitas penting yang berada dalam ruang lingkup pengembangan perangkat lunak.


Variasi Nama:
Rekayasa Perangkat Lunak, Rekayasa Software, Programming, Pengembangan Software, dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan pada kesempatan ini. Budayakan berkomentar karena feedback Anda sangat berarti bagi saya^_^ Semoga bermanfaat dan dimanfaatkan. Segala yang benar datang dari Allah, yang salah dari saya.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda
Saat ini Anda Sedang Membaca : Rumpun Ilmu Bidang Teknologi Informasi
Ditulis Oleh : Rizki Cahyana
Jika mengutip sebagian dari artikel, harap memberikan Link DOFOLLOW yang menuju pada artikel Rumpun Ilmu Bidang Teknologi Informasi ini. Budayakan saling menghargai dan menjunjung tinggi antiplagiarisme.
Silakan berkomentar relevan dan tidak mencantumkan link aktif.

Admin - Official Blog of Rizki Cahyana

Comments
3 Comments

3 komentar:

Copyright © Selamanya Hak Cipta Hanya Milik Allah subhanahu wataala
Owner at Official Blog of Rizki Cahyana : Rizki Cahyana
Created by Maskolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger