Home » » REVIEW SINGKAT KOMPARASI TEKNOLOGI BIDANG PENDIDIKAN MELALUI PEMANFAATAN SITUS PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING DALAM KONTEKS SITUS PEMBELAJARAN ONLINE

REVIEW SINGKAT KOMPARASI TEKNOLOGI BIDANG PENDIDIKAN MELALUI PEMANFAATAN SITUS PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING DALAM KONTEKS SITUS PEMBELAJARAN ONLINE

REVIEW SINGKAT KOMPARASI TEKNOLOGI BIDANG PENDIDIKAN MELALUI PEMANFAATAN SITUS PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING DALAM KONTEKS SITUS PEMBELAJARAN ONLINE
(Rizki Cahyana (1307698); kelas A Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pendidikan Indonesia)



Proses belajar mengajar terkesan kaku, monoton, dan cenderung kurang mendapatkan perhatian peserta didik manakala dilakukan secara konvensional. Hal ini dirasa wajar, sebab proses belajar peserta didik pada beberapa tahun yang lalu, tentu akan berbeda dengan pembelajaran pada masa kini. Pembelajaran yang dilakukan hanya dengan menggunakan media cetak (dalam hal ini referensi berupa buku) atau media pendukung berupa papan tulis dirasakan perlu untuk mendapatkan support dari perkembangan teknologi untuk mewarnai dan menjadikan proses belajar mengajar di kelas semakin hidup dan menarik untuk didiskusikan. Konsekuensi logis dari permasalahan tersebut adalah metode dan media pembelajaran yang telah diimplementasikan pada proses belajar mengajar di kelas oleh para pendidik beberapa tahun yang lalu belum tentu sesuai untuk diaplikasikan pada pembelajaran masa kini sebab dalam perjalanannya dunia pendidikan pun telah mendapatkan pengaruh yang besar oleh perkembangan teknologi.
Galeri sederhana screenshoot masuknegeri.com

Era informasi ini, implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada lembaga pendidikan sudah menjadi suatu keniscayaan, sebab pengaplikasian TIK saat ini dipandang kapabel sebagai salah satu indikator keberhasilan suatu institusi pendidikan. Realita saat ini menunjukkan mulai banyaknya guru atau dosen yang memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan internet sebagai pembelajaran online. Sesuatu yang saat ini sedang hangat diperbincangkan adalah mobile learning yang akan saya batasi dalam konteks pembelajaran yang dapat dilakukan secara bergerak atau fleksibel (dalam hal ini ialah dapat dilakukan kapanpun dan di manapun berupa situs) dan dapat diakses melalui perangkat komputer desktop, komputer jinjing, mobile phone, dan seterusnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, saya berusaha menghadirkan artikel yang berjudul Review Singkat Komparasi Teknologi Bidang Pendidikan melalui Pemanfaatan Situs Pembelajaran Berbasis Mobile Learning dalam Konteks Situs Pembelajaran Online. Ketiga teknologi yang saya bahas adalah MasukNegeri (tersedia di http://masuknegeri.com), KelasMaya (tersedia di http://kelasmaya.com), dan KelasKita (tersedia di http://kelaskita.com).
Secara umum. ketiga teknologi ini memberikan kemudahan dalam hal fleksibilitas dan konten yang dikemas secara apik, interaktif, dan menarik sehingga diharapkan mampu menjadi solusi atas permasalahan yang telah dipaparkan di atas. Kemudian, sasaran dari teknologi tersebut secara garis besar ialah para peserta didik (dalam hal ini adalah pelajar atau siswa SD, SMP, SMA), mahasiswa, guru, dosen, praktisi pendidikan, dan seterusnya.

MasukNegeri
Situs ini memberikan terobosan dalam hal pembelajaran pengayaan latihan soal-soal bagi pelajar dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi berbagai ujian yang akan dilaksanakan, meliputi latihan soal Ujian Nasional (UN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Ujian Mandiri yang dilakukan secara online. Selanjutnya, dalam mengerjakan soal-soal di situs ini, kita memiliki pilihan untuk memberikan jawaban pada soal tersebut atau melanjutkan ke soal berikutnya. Secara mendasar, situs ini merupakan simulasi untuk melakukan ujian dengan pengerjaan seperti aslinya, yaitu dengan menerapkan aturan penambahan dan pengurangan nilai (dalam hal ini adalah jawaban benar diberi nilai 4, jawaban yang dibiarkan kosong akan bernilai 0, dan jawaban salah diberikan nilai -1 yang akan bergantung pada perolehan nilai pengguna). Sesuatu yang menarik dari situs ini adalah mereka memberikan badges atau suatu lencana tertentu pada saat kita telah mengumpulkan nilai tertentu pada bidang atau latihan soal tertentu pula yang akan memberikan semangat dan kesan asyik dan membuat pengguna berlama-lama di depan perangkat komputer atau mobile phone-nya. Selain itu, masuknegeri.com pun memberikan penjabaran atau pembahasan pada setiap soal-soal yang ada serta mampu dikomentari oleh para penggunanya perihal kevalidan jawabannya sehingga memungkinkan para pengguna untuk terhubung atau berkomunikasi secara maya, kapanpun, dan di manapun. Situs ini pun menerapkan kepopuleran media sosial yang digandrungi oleh kalangan pelajar, yaitu dengan menggunakan dinding atau wall yang memungkinkan untuk saling mengirimi tulisan atau diskusi serta terdapat pula fitur berkirim pesan yang memungkinkan pengguna bisa mengobrol melalui teks secara pribadi. Hal menarik lainnya yaitu kemampuan untuk melihat ranking para pengguna yang mampu diurutkan berdasarkan kategori top nasional, top harian, top sekolah, dan seterusnya yang berpotensi mampu memompa, memotivasi, atau mendorong para pengguna untuk saling berlomba-lomba meraih perolehan nilai tertinggi tersebut, sebab saya pun telah merasakannya. Namun, sayang pada saat saya mengakses situs ini, sepertinya sedang terjadi maintenance atau seterusnya sehingga beberapa fitur tidak bisa saya tampilkan screen shoot-nya. Dalam hal kemudahan akses, situs ini hanya memberikan layanan jika kita telah mendaftar pada situs tersebut.

Galeri sederhana screenshoot masuknegeri.com






KelasMaya
Situs ini pada dasarnya dirancang untuk membantu para pelajar di Indonesia dalam rangka mempersiapkan diri menuju tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Para pelajar yang dimaksud meliputi siswa SD, SMP, dan SMA yang terkonfirmasi oleh saya saat melakukan proses pendaftaran. Sebagaimana dilansir oleh halaman utama situs tersebut, konten pembelajaran (dalam hal ini adalah bahan ajar) yang tersedia di kelasmaya.com didesain sedemikian sehingga oleh para guru yang telah berpengalaman dengan tetap berlandaskan pada koridor kurikulum pendidikan nasional dengan pengembangan lebih lanjut. Tujuan tutorial kelasmaya.com adalah memberikan pengayaan dan pemantapan terhadap materi pembelajaran di sekolah dan mengukur tingkat kemajuan belajar siswa dengan menggunakan fitur soal latihan dan soal ujian. Situs ini pun menawarkan fleksibilitas dalam hal pengaturan waktu dan tempat belajar yang diharapkan mampu menjadi solusi bagi orang tua dan siswa. Sayang pada saat bernavigasi ke beberapa menu atau pilihan, ternyata konten tersebut tidak bisa dimuat sehingga saya tidak bisa memaparkan lebih lanjut mengenai kelasmaya.com. Dimungkinkan situs sudah tidak terurus atau sedang maintenance. Namun, jika melihat footer dari situs tersebut, dimungkinkan kelasmaya.com telah tidak lagi mendapatkan perhatian oleh para pengembangnya.

Galeri sederhana screenshoot kelasmaya.com


KelasKita
Situs ini menyediakan layanan yang baik dengan menghadirkan pembelajaran berupa kelas-kelas tertentu yang dapat dibuat oleh siapapun yang telah melakukan pendaftaran. Sebenarnya, situs ini pun dapat diakses tanpa mendaftar (dalam hal ini adalah kita sebagai anonim dalam mengikuti kelas tersebut). Namun, akan lebih baik apabila mendaftar, sebab kita akan mampu melihat rerata progress belajar dan rerata skor kuis di kelas tersebut. Siapapun yang telah mendaftar, maka diharuskan memilih paling sedikit satu kelas terlebih dahulu, setelah itu baru bisa mengakses fitur secara penuh, termasuk membuat kelas dan kuis. Situs ini pun menggunakan beranda yang sangat populer di kalangan para pelajar, sehingga kita dapat berbagi tulisan atau informasi seputar apapun. Kita pun akan ditawarkan berbagai rekomendasi kelas dan kuis yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan, minat, dan potensi kita. Di lansir dari situs tersebut, kelaskita.com adalah sebagai platform terstruktur untuk memudahkan siapapun dalam membuat atau mengikuti kelas belajar secara online dan interaktif bersama peserta didik, teman, komunitas, dan dunia.
Galeri sederhana screenshoot kelaskita.com






Rekomendasi
Berdasarkan review singkat ketiga situs tersebut, dengan ini saya berkesimpulan bahwa pada Rabu, 5 November 2014 ini situs KelasKita (http://kelaskita.com) menempati posisi tertinggi dalam assessment saya, disusul oleh MasukNegeri (http://masuknegeri.com) dan KelasMaya (http://kelasmaya.com).

Referensi : Perkuliahan Konsep Teknologi Budi Laksono Putro http://budi.staf.upi.edu
Terima Kasih atas Kunjungan Anda
Saat ini Anda Sedang Membaca : REVIEW SINGKAT KOMPARASI TEKNOLOGI BIDANG PENDIDIKAN MELALUI PEMANFAATAN SITUS PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING DALAM KONTEKS SITUS PEMBELAJARAN ONLINE
Ditulis Oleh : Rizki Cahyana
Jika mengutip sebagian dari artikel, harap memberikan Link DOFOLLOW yang menuju pada artikel REVIEW SINGKAT KOMPARASI TEKNOLOGI BIDANG PENDIDIKAN MELALUI PEMANFAATAN SITUS PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING DALAM KONTEKS SITUS PEMBELAJARAN ONLINE ini. Budayakan saling menghargai dan menjunjung tinggi antiplagiarisme.
Silakan berkomentar relevan dan tidak mencantumkan link aktif.

Admin - Official Blog of Rizki Cahyana

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Selamanya Hak Cipta Hanya Milik Allah subhanahu wataala
Owner at Official Blog of Rizki Cahyana : Rizki Cahyana
Created by Maskolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger