Home » » Program untuk Menentukan Bilangan Positif atau Negatif dengan Bahasa C | Project 2

Program untuk Menentukan Bilangan Positif atau Negatif dengan Bahasa C | Project 2


   
       Baiklah, pada pagi yang berbahagia ini, saya akan coba melanjutkan project yang ke-2 dalam rangkaian pembahasan perihal latihan soal percabangan dengan tingkat soal mudah nomor 2. Bagi Teman-teman yang ingin menyimak pembahasan project 1 bisa meluncur ke label Programming. Adapun permasalahan yang akan kita kupas adalah "Menentukan apakah sebuah bilangan yang diinput (x) adalah bilangan positif atau bukan".

Nah, tahukah Teman-teman apa itu bilangan positif dan apa itu bilangan negatif? Silakan bertanya pada Bapak/Ibu guru Matematika untuk lebih jelasnya, hehe. Berdasarkan penerawangan yang tanpa dasar, menurut saya, bilangan positif dan negatif adalah dua pasang bilangan yang keberadaannya dapat saling menghilangkan antarsatu dengan lainnya. Kedua jenis bilangan ini saling berlawanan tanda dengan bilangan positif direpresentasikan dengan ketiadaan tanda apapun di muka bilangan, sedangkan bilangan negatif diwakilkan dengan keberadaan tanda minus (-) pada muka bilangan. Ya.. bilangan semisal 5, 6, 7, 8, dan seterusnya dapat kita katakan sebagai bilangan positif, sedangkan bilangan seperti -11, -12, -13, -14, dan seterusnya kita katakan sebagai bilangan negatif. Adapun bilangan nol akan cenderung kita klasifikasikan ke dalam bilangan positif pada pembahasan kali ini.

Bagaimana? Pasti sudah dapat pencerahan dong tentang logika menentukan suatu bilangan tergolong bilangan positif atau negatif? Jika ya, silakan melanjutkan untuk coding, jika belum, saya akan coba telusuri sedikit lagi, hehe. Kita bisa mendapatkan logika ini dengan melakukan pendekatan terhadap diagram kartesius yang memiliki dua buah sumbu, terdiri atas sumbu-x (horizontal) dan sumbu-y (vertikal). Kita bisa hanya dengan mengambil salah satu sumbu saja pada konteks ini, misal sumbu-x. Mari kita perhatikan sumbu-x. Di dalam sumbu-x tersebut terdapat deretan bilangan yang sifatnya terus menaik dari kiri ke kanan. Terdapat angka nol di pusatnya, yang menjadi titik pertemuan antara nol di sumbu-x dan sumbu-y. Kemudian, sebelah kiri angka nol adalah kelompok bilangan yang mendapatkan bubuhan tanda minus (-) di depan setiap bilangannya, sedangkan bilangan yang berada di sebelah kanan angka nol adalah bilangan yang tidak disertai simbol minus di depannya. Kelompok bilangan yang disertai pembubuhan simbol minus di mukanya kita kenal dengan nama bilangan negatif, sedangkan yang sebaliknya adalah bilangan positif. Secara sederhana, terdeskripsikan pada ilustrasi berikut:

//negatif
-1, -2, -3, -4, -5, ... // sampel bilangan negatif

//positif
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, ... // sampel bilangan positif dengan asumsi angka nol adalah bilangan positif

Selanjutnya, apa yang bisa kita simpulkan dari keseluruhan penjabaran yang mungkin kurang jelas dari saya (hehe.. :D)? Nah, ada nih kunci utamanya, yaitu si bilangan 0 (nol). Dalam konteks ini, dia memegang peranan penting; perannya sangat sentral dan menjadi penentu suatu bilangan tergolong bilangan positif ataukah negatif. Kita bisa menggeneralisasikan bahwasanya bilangan positif adalah keseluruhan bilangan yang memiliki nilai lebih besar dari atau sama dengan nol, sedangkan bilangan negatif adalah keseluruhan bilangan yang memiliki nilai lebih kecil dari nol. [~SOLVED].

Dalam konteks ini, langkah-langkah menentukan bilangan positif atau negatif:
1. Mencetak tulisan "Masukkan bilangan : " ke layar
2. Menangkap bilangan yang diinputkan oleh pengguna
3. Memproses dan mengolah bilangan yang ditangkap sebelumnya
4. Mencetak status bilangan tersebut apakah bilangan positif atau negatif ke layar

Nah, algoritma program yang akan kita rancang adalah sebagai berikut:
/*
output("Masukkan bilangan : ");
input(x);
if(x>=0) then
output("x adalah bilangan positif");
else
output("x adalah bilangana negatif");
*/

        Ini dia penampakan dari source code program kita kali ini. Silakan bisa untuk dimodifikasi dan dikembangkan lagi. -->



        Ini dia buat yang mau source code-nya, tapi saya pribadi ngga recommend buat copy-paste ya..



        Oke lanjut ke penjelasan singkat nan agak ngawur dari saya ya?!! :D Go!!
Baris 1 : program kali ini pun menggunakan library stdio.h sebagai sumber acuan prosedur dan atau fungsi yang dapat dikenali oleh baris kode program di bawahnya.
Baris 3-14: ketika program dijalankan, maka yang akan dibaca terlebih dahulu setelah mengetahui library-nya adalah fungsi main(); diapit oleh dua buah kurung kurawal { ... }. Mengeksekusi hingga ditemukan kurawal tutup.
Baris 4 : mendeklarasikan variabel x.
Baris 6 : menangkap dan menyimpan nilai yang diinput oleh pengguna (dalam hal ini adalah menggunakan variabel x) ke dalam memori.
Baris 7 : mengecek bilangan yang diinputkan dengan formula x>=0 dan mengeksekusi baris kode program di bawahnya hingga ditemukan kurung kurawal tutup. Jika kondisi yang disyaratkan terpenuhi, maka program akan langsung meloncat dengan membaca ke baris 12, jika tidak, akan membaca ke baris 9.
Baris 9 : mengecek baris kode program di bawahnya hingga ditemukan kurung kurawal tutup (dilakukan apabila kondisi di atasnya tidak terpenuhi).
Baris 8,10: mencetak ke layar apakah bilangan tersebut positif atau negatif.
Baris 12 : menahan layar agar program tidak langsung keluar atau diakhiri.
Baris 13 : mengembalikan nilai 0, artinya program akan dikeluarkan.

Akhirnya.. selesai juga pembahasan project ke-2 ini. Nanti kita akan coba move on ke pembahasan selanjutnya. Silakan untuk meninggalkan komentar agar kualitas postingan tetap terjaga. Yang benar datang dari Allah subhanahu wataala, yang salah dari saya pribadi.
Terima Kasih atas Kunjungan Anda
Saat ini Anda Sedang Membaca : Program untuk Menentukan Bilangan Positif atau Negatif dengan Bahasa C | Project 2
Ditulis Oleh : Rizki Cahyana
Jika mengutip sebagian dari artikel, harap memberikan Link DOFOLLOW yang menuju pada artikel Program untuk Menentukan Bilangan Positif atau Negatif dengan Bahasa C | Project 2 ini. Budayakan saling menghargai dan menjunjung tinggi antiplagiarisme.
Silakan berkomentar relevan dan tidak mencantumkan link aktif.

Admin - Official Blog of Rizki Cahyana

Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih telah mengunjungi Gan :)

      Hapus
  2. info yang sangat bermanfaat gan, makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Gan..
      Terima kasih atas kunjungannya :D

      Hapus

Copyright © Selamanya Hak Cipta Hanya Milik Allah subhanahu wataala
Owner at Official Blog of Rizki Cahyana : Rizki Cahyana
Created by Maskolis Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger